Wednesday, September 15, 2010

SMK RSBI BLPT Medan, Makassar, Palembang




Dalam rapat revitalisasi peralatan SMK Bertaraf Internasional di Jakarta 16 Agustus 2010 bersama Kepala BLPT Medan, BLPT Makassar, dan BLPT Palembang, Direktorat Pembinaan SMK Kemendiknas telah menunjuk Sumatera Utara (Medan), Sulawesi Selatan (Makassar) dan Sumatera Selatan (Palembang) sebagai Provinsi pertama di Indonesia yang mengembangkan Rintisan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bertaraf Internasional (RSBI) pada tahun ini juga. Anggaran dari pemerintah pusat bersumber PAPBN 2011 senilai Rp 5 miliar siap dicairkan pada bulan Oktober 2010 ini. Selain itu, Rintisan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bertaraf Internasional (RSBI) tersebut juga akan mendapatkan tambahan dana dari APBD 2011 yang besarnya ditentukan oleh Provinsi masing-masing.

Anggaran Rp5 miliar bantuan pusat adalah untuk pendirian sekolah dan merevitalisasi peralatan-peralatan serta prasarana belajar di SMK tersebut. Sedangkan dana APBD 2011 dari Provinsi masing-masing adalah untuk perekrutan guru-guru, penerimaan siswa baru, biaya operasional dan lain sebagainya. Di Medan, SMK RSBI BLPT Medan ini berbiaya Rp 11 miliar. Dana tersebut bersumber dari PAPBN 2011 senilai Rp 5 miliar dan APBD Sumut tahun 2011 senilai Rp 6 miliar.

Pendirian SMK BI tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 38 tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah (PP) No 78 tahun 2009 tentang penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang diselenggarakan provinsi serta UU No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional).

Dalam waktu dekat, Direktorat Pembinaan SMK akan menurunkan tim untuk melakukan pemetaan dan inventarisasi lokasi BLPT sebagai tempat pelaksanaan SMK Bertaraf Internasional tersebut. Diharapkan, petunjuk teknis tertulis sebagai dasar untuk menindaklanjuti rencana tersebut segera di terima oleh Kepala BLPT.

Sebagai tahap awal, bulan oktober 2010 ini akan dibuka program studi Kejar Paket D (Setara D1) yang didukung oleh Dirjen Dikti. Program ini menerima siswa tamatan SMK dari berbagai jurusan. Bagi siswa-siswi tamatan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan dan menambah skill (keahlian) dapat mendaftarkan diri dan mengikuti pendidikan selama setahun dan setelah selesai dapat melanjutkan D2 Politeknik.
Sedangkan tahun ajaran baru 2011, akan dibuka kelas baru untuk siswa kelas X (I), kelas XI (II) dan kelas XII (III).
Rencana spektrum keahlian SMK RSBI BLPT Makassar yaitu Teknologi dan Rekayasa di antaranya Teknik Bangunan, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika. Sedangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu Teknologi Komputer dan Informatika (teknologi komputer dan jaringan).

Mengenai keberadaan BLPT (Balai Latihan Pendidikan Teknik) Sulsel, sama halnya dengan BLPT Medan, BLPT tersebut tetap dioptimalkan karena merupakan UPT (Unit Pelaksana Teknis) Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel dan tidak mempengaruhi kehadiran SMK BI karena masing-masing unit memiliki seorang kepala atau pimpinan sebagai penanggung jawab.

Sekolah Menengah Kejuruan Bertaraf Internasional (SMK-BI) menyiapkan peserta didiknya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia dan tarafnya internasional sehingga lulusannya diharapkan akan mampu berkompetisi secara global.

No comments:

Post a Comment